Home » Profil Singkat

Profil Singkat

 

Sejarah

Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama pada awalnya bernama Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual Widyatama (STDKV Widyatama) berdiri pada tahun 1999.

Pada tahun 2001 berubah menjadi Fakultas Desain Komunikasi Visual seiring dengan pendirian Universitas Widyatama yang menggabungkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Teknik Widyatama, Sekolah Tinggi Bahasa Widyatama, serta STDKV Widyatama.

Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama mempunyai memiliki dua Program Studi, yaitu Program Studi Desain Grafis (D-IV) dan Program Studi Komputer Multimedia (D-III).

Program studi Desain Grafis (D-IV) merupakan salah satu program studi pada Fakultas Desain Komunikasi Visual, di lingkungan Universitas Widyatama, berdasarkan; Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional-Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), No: 137/D/O/2001, tanggal 2 Agustus 2001, mengenai Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Universitas Widyatama. Hal ini diperkuat dengan Surat Keputusan Departemen Pendidikan Nasional – Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI), No: 12608/D/T/K-IV/2012, mengenai Perpanjangan Izin Program Studi Desain Grafis Jenjang D-IV di Universitas Widyatama.

 

Visi

Menjadi Program Studi Desain Grafis yang mampu menghasilkan lulusan berjiwa profesional dan kreatif dalam bidang desain grafis melalui eksplorasi potensi seni dan budaya nusantara yang berkesinambungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menjawab tantangan zaman serta dapat berkontribusi terhadap perkembangan dunia desain grafis khususnya dan masyarakat secara umum.

 

Misi

  • Menyelenggarakan Program Pendidikan Desain Grafis yang dapat mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi dan menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

  • Mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global dengan menghasilkan output berupa praktisi desain grafis profesional yang unggul, berkualitas, sanggup bersaing dan turut serta dalam persaingan global serta berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang desain komunikasi visual yang profesional.
  • Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan di bidang desain grafis yang mandiri, kreatif dan inovatif, serta siap menghadapi tantangan global.
  • Mengupayakan keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis program pendidikan dalam rangka pembentukan manusia yang berbudi luhur.
  • Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri agar proses pembelajaran selalu selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Menggali nilai-nilai tradisi dan budaya Nusantara melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu desain komunikasi visual.

 

Tujuan

  • Mengimplementasikan visi dan misi Program Studi Desain Grafis yang berpedoman pada visi dan misi universitas dalam kegiatan proses belajar mengajar.
  • Turut berperan serta mencerdaskan bangsa dengan cara menggali, mengembangkan dan mentransformasikan keilmuan berupa teori dan keahlian ke dalam disiplin ilmu desain grafis kepada sivitas akademika pada khususnya, dan kepada masyarakat pada umumnya.
  • Menghasilkan lulusan (Sarjana Sains Terapan) yang memiliki kemampuan rancang desain grafis, serta didukung penguasaan IPTEKS dan kepekaan atas masalah kekinian dengan landasan budaya rupa nusantara, sehingga dapat mencipta karya yang berdaya guna dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki kemampuan berwirausaha di bidang industri kreatif yang berlandaskan kecerdasan kreatif, dapat mengidentifikasi masalah, menggagas dan mengkomunikasikan solusi untuk kebutuhan desain meliputi penguasaan media informasi, publikasi, branding, kampanye dan komunikasi pemasaran.
  • Menghasilkan lulusan yang dapat bekerja sama dengan berbagai disiplin keilmuan dan bidang dalam suatu organisasi kerja.
  • Menghasilkan peserta didik yang memiliki integritas keprofesian dan semangat pembelajar, agar senantiasa siap menghadapi perubahan.
  • Menumbuhkembangkan, proaktif dan tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berkembang dalam lingkup nasional, regional hingga global, demi pengembangan proses belajar mengajar yang berkesinambungan.
  • Mendorong pengembangan ilmu desain komunikasi visual yang mengakar kepada nilai-nilai budaya nusantara dalam rangka menghadapi persaingan global.

 

Sasaran

  • Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa Program Studi Desain Grafis dapat lulus tepat waktu (<= 9 semester) dengan indeks prestasi yang memuaskan (>= 2.75). Bagi mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu masih diberi toleransi untuk menyelesaikan dengan batas waktu maksimal 14 semester.
  • Sekurang-kurangnya 75% dari lulusan Program Studi Desain Grafis mempunyai nilai TOEFL minimal 450.
  • Seluruh lulusan (100% lulusan Program Studi Desain Grafis) dapat mengoperasikan serta menguasai berbagai perangkat teknologi komputer (software) untuk mengolah berbagai aplikasi desain komunikasi visual, khususnya aplikasi bidang desain grafis.
  • Seluruh lulusan (100% lulusan Program Studi Desain Grafis), sebagai seorang praktisi komunikasi Visual yang mampu merencanakan, merancang, dan mengimplementasikan berbagai aplikasi desain grafis, bagi pemecahan masalah (problem solving) untuk kepentingan institusi, perusahaan atau perseorangan yang bersifat komersial maupun non-komersial (sosial).

 

Fasilitas

Laboratorium Komputer Dual System (Mac & Windows)

dkv1

Laboratorium Editing & Dubbing

dkv2

Studio Fotografi

dkv3

Galeri

dkv4

TV Kampus

dkv5