FDKV Widyatama Cetak Lulusan Berkarakter Praktisi

FDKV Widyatama Cetak Lulusan Berkarakter Praktisi

Seni memiliki multi aliran, seni melukis memiliki beberapa teknik yang digunakan dalam melukis suatu objek. Para seniman lukis menggunakan teknik yang berbeda dalam menghasilkan karya. Teknik melukis kerap kali menjadi suatu ciri khas seorang pelukis.

Proses studi Gambar Seni Rupa bimbingan pak Budiman, saking antusias dan enjoy ngerjain sampai jam 9 malam. Kemampuan manual memberi nilai lebih seorang desainer grafis ketimbang yang hanya jago komputer saja. Karena motorik halus terlatih, dan menstimulasi kemampuan kreatifnya lebih kuat lagi, ujar Anne Nurfarina, Dekan Fakultas Desain Komunikasi Visual.

FDKV Widyatama memiliki kurikulum yang telah berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Oleh sebab itu lulusannya berkarakter praktisi (vokasi) yang dibimbing oleh dosen-dosen profesional (mayoritas praktisi) dan juga merupakan assesor kompetensi di bidang Desain Komunikasi Visual. Masa studi Program Studi D4- Desain Grafis hanya 4 tahun dengan masa tunggu bekerja nol tahun (data Tracer Pusat Karir Widyatama) yang artinya sebelum lulus, lulusannya sudah bekerja. FDKV Widyatama tergabung dalam Asosiaso Profesional Desain Komunikasi Visual Nasional Indonesia. Ditambah lagi dengan program Student Exchange dan Joint Research dengan Multi Media University (MMU) Malaysia.

FDKV Widyatama memiliki keunikan yang tidak ditemukan pada Pendidikan Tinggi lainnya, yaitu Memiliki Art therapy Center atau ATC sebagai wadah atau inkubatur pengembangan kelimuan DKV yang tidak dimiliki di tempat lain.

Untuk menghasilkan sebuah karya lukisan yang maksimal tentunya membutuhkan teknik yang baik. Teknik melukis juga terdiri dari beberapa jenis berdasarkan sudut pandang tinjauannya. Fakultas Desain Komunikasi Visual (FDKV) Widyatama melahirkan desainer grafis jalur keprofesian untuk menjawab kebutuhan industri kreatif. FDKV Widyatama dibina oleh para dosen tetap alumni FSRD ITB yang telah menempuh program Doktor dan Magister, serta aktif sebagai praktisi/ professional di industri DKV. Tata kelola dan sarana mumpuni seperti laboratorium computer dual system (mac &pc), laboratorium editing & dubbing, laboratorium fotografi, galeri hingga stasiun TV kampus yang berizin resmi untuk siaran (broadcase) ke publik.

Ukuran keberhasilan yang lebih diutamakan oleh FDKV Widyatama adalah bagaimana seorang anak didik yang datang dengan kemampuan yang tidak terasah, menjelma menjadi desainer DKV sejati diserap oleh industri atau mampu membangun industri sendiri yang bahkan terwujud sebelum gelar disematkan.

Comments are closed.